Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh dan Salah Satu Cara Mengatasinya dengan Mengkonsumsi Amunizer Suplemen Makanan

Daya tahan tubuh atau biasa disebut sebagai sistem kerja tubuh, dimana tubuh merespon organisme atau kuman yang dapat menyebabkan suatu penyakit. Saat daya tahan tubuh menurun, maka tubuh akan mudah terinfeksi oleh bakteri penyebab penyakit.

Penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Baik balita maupun orang dewasa sampai landia sekalipun, tetap harus menjaga daya tahan rubuh.

Karena semakin berkurangnya umur, fungsi organ dan sistem imun juga semakin menurun. Belakangan ini buruknya sistem imunitas dikaitkan erat dengan risiko yang lebih besar untuk terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Sehingga daya tahan tubuh yang kuat juga sangat dibutuhkan, untuk itu pola hidup sehat pun harus sangat diterapkan.

Penyebab Turunnya Daya Tahun Tubuh

Adapun penyebab turunnya daya tahan tubuh ini terdapat beberapa faktor, dikutip dari Lenny Jusup, Ahli Gizi Lulusan Sekolah Gizi di Jerman dalam bukunya 50 Resep Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (2010) di laman compas.com menyebutkan terdapat beberapa hal atau kebiasaan yang bukan hanya dari makanan saja, diantaranya yaitu :

  1. Mengalami Stress

Stress dapat diderita oleh orang memiliki banyak kesibukan, maupun yang tidak memiliki kesibukan sama sekali. Pada umumnya orang yang memiliki banyak kesibukan bisa seperti pekerjaan sehari-hari ataupun dikejar deadline. Dan mereka yang tidak memiliki kesibukan sama sekali juga bisa mengalami stress karena sering merasa gelisah dan kebingungan dengan tidak melakukan aktivitas apapun.

Orang yang mengalami stress sebenarnya sudah mulai masuk pada “jenjang sakit”

Melemahnya sistem imunitas dari stress ini dapat memengaruhi perubahan-perubahan fisiologis.

Tekanan yang terus-menerus mengakibatkan menurunnya zat-zat kimia dalam tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang akhirnya menekan dan merusak sisten imun dalam tubuh.

Dalam berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa stres sangat berhubungan dengan menurunnya kinerja Natural Killer Cell, juga sel darah putih, dan antibodi dalam darah.

  1. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Banyak memakan makanan yang manis dapat menekan sistem imunitas pada tubuh dan dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit pemyakit.

“Secara sederhana bisa dikatakan bahwa sel darah putih yang mengandung banyak gula menjadikan sistem imun lebih lemah dalam merespon,” kata Reinagel seperti dikutip dari laman health24 di bisnis.com

  1. Konsumsi lemak berlebihan

Tidak jauh berbeda dengan mengkonsumsi makanan manis, mengkonsumsi lemak berlebihan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sel darah putih melemah dan kesulitan dalam mematikan bibit-bibit penyakit.

Risiko berbahaya dari mengkonsumsi lemak berlebihan yang menimbulkan penyakit seperti,
• Diabetes
• Kanker
• Gagal Jantung

Sel lemak yang berlebihan tersebut memicu pelepasan zat kimia yang berakibat pada peradangan kronis dan akhirnya merusak jaringan-jaringan sehat.

  1. Kurang tidur

Sejumlah studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan aktivitas sel imun tubuh.

Seperti diketahui, saat tidur malam, tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi untuk, antara lain:

• Meningkatkan daya tahan tubuh
• Mengatur irama harian
• Menyusun kembali memori

Jika pernah tidur malam atau bahkan tidak tidur sehari, 2 hari atau lebih, tubuh akan terasa lemas, kepala pusing dan susah untuk beraktivitas. Saat itulah kita dapat merasakan daya tahan tubuh yang melemah, karena tidak menjaga pola hidup sehat.

  1. Kurang olahraga

Saat kita jarang olahraga dalam sehari, seperti olahraga ringan, hal tersebut dapat menjadikan tubuh lemas dan tidak aktif, serta terbukti dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh.

Bahkan bukan hanya itu. Kebiasaan kurang olahraga juga dapat menurunkan respons antibodi serta T-Cell atau sel T yang berfungsi untuk:

• Menyaring darah
• Mencari sel asing atau musuh
• Melawan infeksi

Tidak heran jika mereka yang jarang berolahraga, daya tahan tubuhnya berkurang dan mudah sakit.

  1. Merokok dan minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol juga dapat mengurangi daya tahan tubuh, sehingga sebaiknya untuk dihindari agar imunitas rubuh tidak turun.

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat zat-zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker, juga akan masuk ke dalam aliran darah untuk mencapai organ-organ yang ada di tubuh, dan merusak respons imun yang ada.

Kebiasaan merokok juga akan membuat kadar antioksidan, seperti vitamin C, di dalam darah menjadi berkurang. Padahal, antioksidan itu sangat berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Kurangnya mengonsumsi Vitamin C dan air mineral

Hal ini juga dapat menurunkan sistem imun dan menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk konsumsi buah dan sayur yang sebaiknya diperbanyak, paling tidak 5 kali dalam seminggu. Bisa juga berupa suplemen atau vitamin tablet hisap dan vitamin serbuk yang diseduh.

Serta perbanyak minum air putih, agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena virus dan penyakit.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari banyaknya penyebab turunnya daya tahan tubuh serta sistem imunitas, terdapat beberapa cara agar imun tetap stabil dan saya tahan tubuh tidak turun diantara yaitu,

  1. Cukupi kebutuhan cairan Anda

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board aturan minum air putih yang tepat adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

Dengan begitu, kebutuhan cairan pada tubuh kita tercukupi dan tidak mudah sakit atau tertular bakteri penyebab penyakit.

  1. Tidur yang cukup.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidur dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup.

Perbedaan usia juga menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup bagi setiap orang. Saat orang dewasa dan lansia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, remaja dan anak SD dianjurkan tidur selama 9-10 jam. Anak SD lebih dianjurkan untuk tidur selama 10 jam tiap harinya.

  1. Rutin berolahraga.

Orang-orang yang jarang beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan bermalas-malasan, terbukti lebih mudah terserang flu atau penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga.

Olahraga dipercaya mampu meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta menghalau tubuh dari beragam penyakit dan infeksi.

  1. Tidak merokok.

Dengan tidak merokok, kamu sudah menjaga organ pernapasan untuk tetap sehat dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat merespon bakteri atau virus penyebab penyakit.

  1. Terakhir konsumsi asupan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Nutrisi yang tepat sangat penting bagi kita, tujuannya agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik. Apa yang kita konsumsi, bisa sangat memengaruhi kesehatan.
Amunizer

Minum suplemen makanan atau vitamin, juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi Amunizer sebagi suplemen makanan yang yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Amunizer, merupakan ramuan herbal alami untuk membantu menjaga daya tahan tubuh secara intensif sehingga tidak mudah terserang penyakit. Amunizer dapat dijadikan sebagai amunisi untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Minuman herbal Amunizer,

  • Sebagai penambah daya tahan tubuh
  • Mengandung Vitamin C 1000 mg
  • Kaya akan antioksidan
  • Membantu tubuh menjadi lebih kuat agar tidak mudah sakit

Khasiat dan Kegunaan :

• Vitamin C 1000 mg, meningkatkan daya tahan tubuh secara intensif
• Elderberry, mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas
• Zinc, meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih baik
• Forsythia, mencegah infeksi bakteri
• Phyllanthus, antibakteri dan mampu mencegah virus
• Lonicera, mengobati saluran pernapasan karena virus influenza

Amunizer yang merupakan suplemen makanan dengan banyak sekali kandungan vitamin C nya. Warna Ungunya dari buah Elderberry yang merupakan tanaman asal Eropa, Afrika, dan sebagian Asia ini telah menjadi obat tradisional selama berabad-abad di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara.

Buah mungil yang memiliki rasa asam segar ini kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, flavonoid, dan asam amino. Seringkali elderberry dimanfaatkan sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol, meningkatkan penglihatan, menguatkan sistem imun, memperbaiki kesehatan jantung, dan tentu saja untuk batuk, pilek, flu.

Amunizer bisa didapatkan di Indomart atau alfamart dan apotek terdekat, dengan harga yang ramah dikantong. Satu kotak Amunizer berisi 4 sachet dengan masing berat 4,5 gram dan harga sekitar Rp. 10.000,- per kotaknya. Sangat terjangkau untuk konsumsi setiap hari.

16 comments

Tinggalkan komentar